Rektor: Fokus Membuat Kita Lebih Detil Dalam Melayani Pelanggan
11 Februari 2019, 11:37:17 Dilihat: 246x
Untuk dapat berhasil menciptakan perbedaan, strategi utama yang harus dilakukan adalah fokus, dimana fokus kita membuat kita lebih detail dalam melayani dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan. Hal itu disampaikan Rektor Universitas Narotama (UNNAR) Dr. Arasy Alimudin, SE, MM saat menjadi pembicara dalam acara “International Conference On Management, Business, Apllled Science, Engineering And Sustainability Development” yang diselenggarakan di Kampus Politeknik Negeri Malang, Sabtu 9 Februari 2019.
Pada acara tersebut, Rektor UNNAR menjadi salah satu pembicara bersama tujuh pembicara lain yang berasal dari UTHM Malaysia, POLINEMA, JSPS Japan, UNIRA Malang, UNIK Kadiri, UWK Surabaya dan INTAKINDO Jawa Timur. Delegasi UNNAR yang juga hadir antara lain Dr. M. Ikhsan Setiawan, ST, MT (Wakil Rektor I), Dr. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT (Wakil Rektor III), Dr. Ir. Rr. Hermien Tridayanti, MM (Dekan FEB), Agus Sukoco, ST, MM (Kaprodi Majemen), Elok Damayanti, SE, MM (Kabag Kerjasama Dalam Negeri), bersama dosen dan mahasiswa FEB UNNAR.
Arasy Alimudin dalam materinya tentang “Strategies For Innovation And Service Management In The Era Of The Industrial Revolution 4.0” mengatakan, jika kita fokus pada konsumen lokal yang tinggal dan kita tinggal di sana, area yang membuat kita lebih mudah memahami karakter konsumen.
“Sudah saatnya kita fokus pada konsumen lokal kita dan membatasi segment area agar kita bisa membuat perbedaan yang jelas terlihat di mata konsumen,” kata Arasy Alimudin.
Menurut Arasy, pelanggan yang mengatakan tentang masalah pengaduan dan mendapatkan penanganan yang baik, cenderung lebih loyal dibandingkan dengan pelanggan yang tidak mengatakan keluhan sama sekali. Untuk menjalin hubungan dekat dengan pelanggan, kuncinya terletak pada keterbukaan dan komunikasi yang baik. Di era Revolusi Industri 4.0, strategi manajemen dan inovasi layanan harus menggunakan kombinasi fokus pada keunikan dan pada waktu yang sama juga dapat mengurangi biaya produksi sehingga harga bisa terjangkau oleh konsumen.
“Sebagai lembaga pendidikan di era Revolusi Industri 4.0 dan masyarakat 5.0, fokus pada profitabilitas konsumen adalah kunci untuk kesuksesan dan daya saing,” tambahnya. [nar]
Foto: Rektor UNNAR Dr. Arasy Alimudin, SE, MM (dua dari kanan) saat menjadi pembicara dalam acara “International Conference On Management, Business, Apllled Science, Engineering And Sustainability Development” di Kampus Politeknik Negeri Malang, Sabtu (9/2/2019).